Kamis, 09 April 2015

Tiga Jenis Proses Bisnis

Saya Mendapatkan Tugas Mencari 3 Jenis Proses Bisnis Oleh dosen Saya. Saya ingi Sharing ke kalian 3 Jenis Proses Bisnis Semoga Bermanfaat :)

 Tiga Jenis Proses Bisnis dan Teknik Pengumpulan Datmya :

1.  Proses manajemen, yakni proses yang mengendalikan operasional dari sebuah sistem. Contohnya semisal Manajemen Strategis
Teknik Pengumpulan Data :
Data Ekternal : Data Pasar, Kompetitor, komunitas, Pemasok, Pemerintah, Stakesholder
Data Internal : Laporan keuangan, kegiatan SDM, Operasional, Pemasaran
2.     Proses operasional, yakni proses yang meliputi bisnis inti dan menciptakan aliran nilai utama. Contohnya semisal proses pembelian, manufaktur, pengiklanan dan pemasaran, dan penjualan.
Teknik Pengumpulan Data :
1.      Data Primer Data primer adalah data yang dikumpulkan sendiri oleh perusahaan, melalui wiraniaga dan para karyawan lainnya.
Terdapat beberapa cara yang digunakan untuk memperoleh data primer, antara lain :
1.      Survei Survei (Survey) dapat dilakukan dengan menanyakan langsung kepada sejumlah konsumen dengan pertanyaan yang sama melalui telepon, surat, atau kuisoner.Penekanan pada survei adalah APA yang konsumen lakukan.
2.      Wawancara Mendalam Wawancara Mendalam (In-Depth Interview) dilakukan kepada sejumlah kecil konsumen melalui beberapa pertanyaan dengan waktu wawancara yang lebih lama dibandingkan waktu survei. Penekanan wawancara mendalam adalah mendapatkan penjelasan MENGAPA konsumen bertindak demikian.
3.      Pengamatan Pengamatan (Observation) dapat dilakukan dengan mengamati perilaku tertentu atau mencari bukti bahwa hal itu terjadi. Peneliti pemasaran sering mencatat plat nomor mobil di tempat parkir pusat perbelanjaan untuk mengetahui seberapa jauh orang tersebut mengemudi, atau ada kalanya peneliti juga memeriksa sampah orang untuk mengetahui produk apa yang mereka beli.
4.      Pengujian Terkendali Pengujian Terkendali (Controlled Experiment) dilakukan untuk mengukur dampak dari suatu perlakuan tertentu (seperti iklan tertentu) terhadap suatu perilaku (seperti kemampuan untuk mengingat iklan tersebut). Pasar nyata dan ruang kelas dapat digunakan sebagai laboratorium dan mahasiswa sering menjadi subyek dalam suatu percobaan.
2.      Data Sekunder Data sekunder adalah data yang dikumpulkan oleh orang lain untuk dijadikan referensi tambahan yang mampu mendukung data primer.
Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data sekunder adalah dengan mencarinya di surat kabar, buku atau internet.
Intelijen Pemasaran Intelijen Pemasaran (Marketing Intelligence) digunakan untuk mengumpulkan informasi dari lingkungan luar perusahaan (terutama pesaing) yang berkaitan dengan operasi pemasaran. Pemasaran tidak bertanggung jawab untuk membuat arus keluar bagi pesaing, tetapi membuat arus masuk dari pesaing. Istilah Intelijen Pemasaran mengacu pada berbagai kegiatan yang etis guna mendapatkan sebanyak mungkin informasi yang berkaitan dengan pesaing. Kini pengumpulan, penyimpanan, dan penyebaran informasi persaingan merupakan aplikasi komputer yang penting di banyak perusahaan. Istilah Intelijen Pemasaran (Marketing Intelligent) atau Intelijen Persaingan (Competitive Intelligent / CI) atau Intelijen Bisnis (Business Intelligent / BI)banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan informasi mengenai pesaing. Informasi yang dikumpulkan disebut intelijen (intelligent). 5 tugas dasar bagi Intelijen Pemasaran, antara lain :
1.            Mengumpulkan Data, data pesaing dapat berupa data primer dan data sekunder.
2.            Mengevaluasi Data, data yang telah dikumpulkan harus diperiksa untuk memastikan akurasinya.
3.            Menganalisis Data, jarang data menjelaskan secara menyeluruh sehingga perlu dilakukan analisis untuk mengubah data menjadi informasi.
4.            Menyimpan Informasi, informasi yang telah diubah perlu disimpan sedemikian rupa sehingga memudahkan dalam pengambilan kembali
5.            Menyebarluaskan Informasi, penyebarluasan informasi diperuntukkan bagi mereka yang berminat.
3.     Proses pendukung, yang mendukung proses inti. Contohnya semisal akunting, rekruitmen, pusat bantuan
Teknik Pengumpulan Data :
1.      Pengumpulan Data
Saat perusahaan menyediakan produk dan jasa ke lingkungan,setiap tindakan dijelaskan oleh suatu catatan data. Sistem pengolahan data mengumpulkan data yang menjelaskan setiap transaksi internal perusahaan dan transaksi lingkungan perusahaan
2.      Manipulasi Data.
Pengklasifikasian, elemenelemen data tertentu dalam catatan digunakan sebagai kode.
3.      Penyortiran, catatancatatan disusun sesuai urutan tertentu berdasarkan kode atau elemen data.
4.      Perhitungan, operasi matematika dan logika dilaksanakan pada elemenelemen data untuk menghasilkan elemen data tambahan.
5.      Pengikhtisaran, banyak data yang perlu disarikan menjadi bentuk total, subtotal, dan ratarata.
6.      Penyimpanan Data. Penyimpanan Data ; Setiap transaksi dijelaskan oleh beberapa elemen data. Seluruh data disimpan dalam suatu database.
Penyiapan Dokumen ; menghasilkan output yang dipicu dalam 2 cara :
·         Oleh suatu tindakan, output yang dihasilkan jika sesuatu terjadi.

·         Oleh jadwal waktu, output yang dihasilkan pada suatu saat tertentu.
“Output tersebut dalam bentuk dokumen kertas”

2 komentar: