Saya Mendapatkan Tugas Mencari 3 Jenis Proses Bisnis Oleh dosen Saya. Saya ingi Sharing ke kalian 3 Jenis Proses Bisnis Semoga Bermanfaat :)
Tiga Jenis Proses Bisnis dan Teknik Pengumpulan Datmya :
1. Proses manajemen, yakni proses yang mengendalikan operasional
dari sebuah sistem. Contohnya semisal Manajemen Strategis
Teknik Pengumpulan
Data :
Data Ekternal : Data Pasar, Kompetitor, komunitas, Pemasok, Pemerintah,
Stakesholder
Data Internal : Laporan keuangan, kegiatan SDM, Operasional, Pemasaran
2.
Proses operasional, yakni proses yang meliputi bisnis inti dan
menciptakan aliran nilai utama. Contohnya semisal proses pembelian, manufaktur,
pengiklanan dan pemasaran, dan penjualan.
Teknik Pengumpulan
Data :
1.
Data Primer Data primer adalah data
yang dikumpulkan sendiri oleh perusahaan, melalui wiraniaga dan para karyawan
lainnya.
Terdapat beberapa cara yang digunakan untuk memperoleh data
primer, antara lain :
1. Survei
Survei (Survey)
dapat dilakukan dengan menanyakan langsung kepada sejumlah konsumen dengan
pertanyaan yang sama melalui telepon, surat, atau kuisoner.Penekanan pada
survei adalah APA yang konsumen lakukan.
2. Wawancara Mendalam Wawancara Mendalam (In-Depth Interview) dilakukan kepada
sejumlah kecil konsumen melalui beberapa pertanyaan dengan waktu wawancara yang
lebih lama dibandingkan waktu survei. Penekanan wawancara mendalam adalah mendapatkan
penjelasan MENGAPA konsumen bertindak demikian.
3. Pengamatan Pengamatan (Observation) dapat dilakukan dengan mengamati
perilaku tertentu atau mencari bukti bahwa hal itu terjadi. Peneliti pemasaran
sering mencatat plat nomor mobil di tempat parkir pusat perbelanjaan untuk
mengetahui seberapa jauh orang tersebut mengemudi, atau ada kalanya peneliti
juga memeriksa sampah orang untuk mengetahui produk apa yang mereka beli.
4. Pengujian Terkendali Pengujian Terkendali (Controlled Experiment) dilakukan
untuk mengukur dampak dari suatu perlakuan tertentu (seperti iklan tertentu)
terhadap suatu perilaku (seperti kemampuan untuk mengingat iklan tersebut). Pasar nyata dan ruang
kelas dapat digunakan sebagai laboratorium dan mahasiswa sering menjadi subyek
dalam suatu percobaan.
2.
Data Sekunder Data sekunder adalah
data yang dikumpulkan oleh orang lain untuk dijadikan referensi tambahan yang
mampu mendukung data primer.
Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data sekunder adalah dengan
mencarinya di surat kabar, buku atau internet.
Intelijen Pemasaran Intelijen Pemasaran (Marketing
Intelligence) digunakan untuk mengumpulkan informasi dari lingkungan luar
perusahaan (terutama pesaing) yang berkaitan dengan operasi pemasaran. Pemasaran tidak
bertanggung jawab untuk membuat arus keluar bagi pesaing, tetapi membuat arus
masuk dari pesaing. Istilah Intelijen Pemasaran mengacu pada berbagai kegiatan yang
etis guna mendapatkan sebanyak mungkin informasi yang berkaitan dengan pesaing. Kini pengumpulan,
penyimpanan, dan penyebaran informasi persaingan merupakan aplikasi komputer
yang penting di banyak perusahaan. Istilah Intelijen Pemasaran (Marketing Intelligent) atau Intelijen Persaingan (Competitive
Intelligent / CI) atau Intelijen Bisnis (Business Intelligent / BI)banyak digunakan
untuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan informasi mengenai
pesaing. Informasi yang
dikumpulkan disebut intelijen (intelligent). 5 tugas dasar bagi
Intelijen Pemasaran, antara lain :
1.
Mengumpulkan Data, data pesaing dapat
berupa data primer dan data sekunder.
2.
Mengevaluasi Data, data yang telah
dikumpulkan harus diperiksa untuk memastikan akurasinya.
3.
Menganalisis Data, jarang data
menjelaskan secara menyeluruh sehingga perlu dilakukan analisis untuk mengubah
data menjadi informasi.
4.
Menyimpan Informasi, informasi yang telah
diubah perlu disimpan sedemikian rupa sehingga memudahkan dalam pengambilan
kembali
5.
Menyebarluaskan Informasi, penyebarluasan
informasi diperuntukkan bagi mereka yang berminat.
3.
Proses pendukung, yang mendukung proses inti. Contohnya semisal
akunting, rekruitmen, pusat bantuan
Teknik Pengumpulan
Data :
1.
Pengumpulan
Data
Saat
perusahaan menyediakan produk dan jasa ke lingkungan,setiap tindakan dijelaskan
oleh suatu catatan data. Sistem pengolahan data mengumpulkan data yang menjelaskan setiap
transaksi internal perusahaan dan transaksi lingkungan perusahaan
2.
Manipulasi
Data.
Pengklasifikasian,
elemen‐elemen data tertentu dalam catatan digunakan
sebagai kode.
3.
Penyortiran,
catatan‐catatan disusun sesuai urutan tertentu
berdasarkan kode atau elemen data.
4.
Perhitungan,
operasi matematika dan logika dilaksanakan pada elemen‐elemen data untuk menghasilkan elemen data tambahan.
5.
Pengikhtisaran,
banyak data yang perlu disarikan menjadi bentuk total, subtotal, dan rata‐rata.
6.
Penyimpanan
Data. Penyimpanan Data ; Setiap transaksi dijelaskan oleh beberapa elemen data.
Seluruh data disimpan dalam suatu database.
Penyiapan
Dokumen ; menghasilkan
output yang dipicu dalam 2 cara :
·
Oleh
suatu tindakan, output yang dihasilkan jika sesuatu terjadi.
·
Oleh
jadwal waktu, output yang dihasilkan pada suatu saat tertentu.
“Output tersebut dalam bentuk dokumen kertas”
“Output tersebut dalam bentuk dokumen kertas”
terimaksh
BalasHapusthanks
BalasHapus